Uraian Singkat |
: Dalam menunjang program pemerintah Indramayu dalam meningkatkan pelayanan publik di berbagai instansi pada tahun 2024 maka, POLINDRA melakukan pengabdian kepada masyarakat Indramayu . Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh POLINDRA dengan membantu menyelesaikan permasalahan - permasalahan yang sedang dialami oleh pelayanan publik yang terdapat di Kabupaten Indramayu. Setelah melakukan telaah pada permasalahan pelayanan publik di Indramayu maka dipilihlah sektor kesehatan yang akan dijadikan sebagai program pengabdian kepada masyarakat. Mitra pengabdian yang akan diajak untuk melakukan kerjasama adalah Puskesmas Cantigi. Puskesmas Cantigi merupakan salah satu puskesmas yang terdapat pada Kabupaten Indramayu, berlokasi di Jalan Raya, Cantigi Kulon, Cantigi, Kabupaten Indramayu, Jawa barat. Puskesmas ini merupakan salah satu puskesmas milik pemerintah Indramayu yang memiliki fasilitas yang lengkap walaupun bukan terdapat di pusat kota Indramayu. Terdapat beberapa unit - unit kesehatan yang terdapat pada Puskesmas Cantigi.
Setelah melakukan observasi dan wawancara kepada Kepala Puskesmas Cantigi drg. Ruci Afrida Sukmaningrum, diperoleh beberapa permasalahan yang sedang terjadi pada puskesmas tersebut. Salah satu permasalahan yang harus segera diselesaikan yaitu pencatatan berkas dan pelaporan yang terdapat pada puskesmas masih menggunakan pencatatan secara manual. Kendala proses pencatatan secara manual antara lain membutuhkan waktu yang lama dalam melakukan pencatatan, sering terjadinya perbedaaan data yang tersedia, sulit untuk memantau dan mengevaluasi data kesehatan pasien dengan cepat, akses data untuk setiap unit sulit untuk dilakukan karena data yang tersedia menyebar di berbagai bidang, dan belum adanya sistem yang terintegrasi.
Diperlukan solusi untuk mengatasi permasalahan yang telah disebutkan yakni dengan memanfaatkan sistem informasi. Sistem Informasi adalah kumpulan prosedur, perangkat keras, perangkat lunak, data, dan orang-orang yang bekerja bersama-sama untuk mengumpulkan, menyimpan, memproses, mengelola, dan menyampaikan informasi yang diperlukan untuk mendukung pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Berdasarkan pemaparan masalah, maka diusulkan “Implementasi Sistem Pencatatan dan Pelaporan Terpadu Puskesmas ( SIPETER ) untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Efisiensi Administrasi. “ Melalui implementasi aplikasi ini, diharapkan puskesmas dapat memperoleh manfaat untuk menunjang kualitas pelayanan di Puskesmas Cantigi. |